Wednesday 1 August 2012

sesuatu yg terpaling...

assalamualikum w.b.t

   tajok spt gempaq aje. apekah?

   Julai dh pOn berlalu. Pengakhirannya x la berapa nk sweet pon, sbb byk sgt cabaran dlm bulan ni. Bisnes, kesihatan diri & keluarga. =__=

   kalau jun lps menyaksikan rzeki yg x pernah2 dijangka, Julai pula biasa2 je. :(

   xpela, ape2 pon.. hidop perlu diteruskan. semoga Ogos ni. ade la income masyuk untuk berhari raya. :))

  ape pon,, sggt la mencik pd stress. y??? coz stress invites Pimples ok!!

   subur sunggoh die, dhh mcm cndawan lps ujan. huhuhu~~~

can u see??? >__<

   pertumbuhan yg cemerlang gemilang & terbilang di celah hidung. haishhh! 

   stlh skian lme xde jerawat, tbe2 kua. baru nk berbesar ati sbb jerawat dh segan nk muncul mcm dlu2.
   tp tu la,, Tuhan x suka org bangga2 ni. huhu~

   INSAP rasenya.

   Nk melicin kn muka & hilangkan bekas jerawat yg dlu punyalah separuh mati. tetiba kua plak yg baru. nk nages. #_#

   jujor nya, kebelakangan ni hidop x tentu arah. dgn stOk yg x cukup. parcel x di pos sbb DC x hantar. Pending payment, etc.
    x sempat nk bg mase utk diri sendiri pon. @_@

   mungkin tu jugak antara faktor penyumbang jerawat yg sumbang ni. da la jenoh nk kasik kecut. yela, sekali kelua bukan jerawat pasir, terus batu punya. dush2! x suka!!!!!

   penah bia muka yg x d cuci bersih2 then terus tido. sebab sgt la penat settle oder semua. T_T

   tp ape yg bakal korang baca kt bwh ni adalah fakta sebenar ttg penyebab jerawat. yelah, ade yg ckp jerawat ni sbb mkn mende bminyak, stress, perubahan hormon dan sebagainya.
   so harap2 artikel ni membantu kite semua mengenal si J.E.R.A.W.A.T ni dgn lebih baik. :))

PENYEBAB JERAWAT

DoktOr menggambarkan jerawat sebagai penyakit pilosebaceous unit (PSUs). Menemukan seluruh tubuh, PSUs yang terdiri dari kelenjar sebasea yang terhubung ke sebuah kanal, yang disebut folikel, yang berisi rambut halus (lihat diagram "Normal Pilosebaceous Unit"). Unit-unit ini paling banyak di wajah, atas punggung dan dada. Kelenjar sebasea membuat berminyak zat yang disebut sebum yang biasanya mengosongkan ke permukaan kulit melalui pembukaan folikel, disebut pori-pori. Sel disebut keratinocytes baris folikel.
normal
Normal Pilosebaceous Unit
Rambut, sebum, dan keratinocytes yang mengisi folikel sempit dapat menghasilkan sebuah plug, yang merupakan tanda awal jerawat. Steker mencegah sebum mencapai permukaan kulit melalui pori-pori. Campuran minyak dan sel memungkinkan bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang biasanya tinggal di kulit untuk tumbuh dalam folikel dipasang. Bakteri ini menghasilkan bahan kimia dan enzim dan menarik sel darah putih yang menyebabkan peradangan. (Peradangan adalah reaksi karakteristik jaringan penyakit atau cedera dan ditandai oleh empat tanda-tanda: rasa, kemerahan, panas, nyeri dan pembengkakan.) Ketika dinding folikel dipasang rusak, itu tumpahan segala sesuatu ke dalam kulit dekat-sebum, sel-sel kulit gudang dan bakteri-menuju lesi atau jerawat.
Orang dengan jerawat sering memiliki berbagai lesi, beberapa di antaranya ditunjukkan dalam diagram di bawah ini. Lesi jerawat dasar, yang disebut comedo (KOM-e-do), adalah hanya diperbesar dan dipasang folikel rambut. Jika folikel dipasang, atau comedo, tetap di bawah kulit, itu disebut comedo tertutup dan menghasilkan benjolan putih yang disebut whitehead. Comedo yang mencapai permukaan kulit dan membuka disebut comedo yang terbuka atau blackhead karena kelihatannya hitam pada permukaan kulit. Warna hitam ini adalah perubahan dalam sebum terkena udara. Hal ini bukan disebabkan oleh kotoran. Whiteheads dan komedo mungkin tinggal di kulit untuk waktu yang lama.
Microcomedo
Microcomedo

Open Comedone (Black Head)
Open Comedone (kepala hitam)

Closed Comedone (White Head)
Comedone tertutup (Head putih)

Penyebab utama

Akar penyebab mengapa beberapa orang mendapatkan jerawat dan beberapa tidak tidak sepenuhnya diketahui. Diketahui untuk sebagian keturunan. Beberapa faktor yang dikenal untuk dapat dihubungkan dengan jerawat:
  • Sejarah keluarga/genetik. Kecenderungan untuk mengembangkan jerawat berjalan dalam keluarga. Sebagai contoh, anak-anak usia sekolah dengan jerawat sering memiliki anggota dalam keluarga mereka dengan jerawat juga. Sejarah keluarga jerawat dikaitkan dengan terjadinya sebelumnya jerawat dan peningkatan jumlah retentional jerawat lesi.
  • Hormon aktivitas, seperti siklus haid dan pubertas. Pada masa pubertas, peningkatan hormon seks pria disebut androgen menyebabkan kelenjar folikular untuk mendapatkan lebih besar dan membuat lebih sebum.
  • Peradangan, iritasi kulit atau menggaruk pun akan mengaktifkan peradangan. Antiradang dikenal untuk meningkatkan jerawat.
  • Stres, melalui peningkatan output hormon dari kelenjar adrenal (stres). Sementara hubungan antara jerawat dan stres telah diperdebatkan, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa "meningkat jerawat keparahan" "signifikan dikaitkan dengan peningkatan stres tingkat." National Institutes of Health (USA) daftar stres sebagai faktor yang "dapat menyebabkan jerawat suar." studi remaja di Singapura "diamati secara statistik signifikan positif korelasi [...] antara tingkat stres dan tingkat keparahan jerawat".
  • Hiperaktif kelenjar sebasea, sekunder hormon tiga sumber-sumber di atas.
  • Akumulasi dari kulit mati sel bahwa blok atau penutup pori.
  • Bakteri dalam pori-pori. Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah bakteri anaerobik yang menyebabkan jerawat. In-vitro perlawanan P. acnes terhadap antibiotik yang biasa telah meningkat.
  • Penggunaan steroid anabolik.
  • Ubat apapun yang mengandung litium, barbiturates atau androgen.
  • Paparan senyawa kimia tertentu. Chloracne terutama terkait dengan paparan beracun dioxin, yaitu Chlorinated dioksin.
  • Paparan halogen. Halogen jerawat terkait dengan paparan halogen (misalnya iodida, klorida, bromida, fluorida).
  • Menggunakan kronis amfetamin atau ubat2an serupa lainnya.
Beberapa hormon telah dikaitkan dengan jerawat: androgen testosteron, dihidrotestosteron (DHT) dehydroepiandrosterone sulfat (DHEAS), serta insulin-like growth factor 1 (IGF-saya). Selain itu, rawan jerawat kulit telah terbukti resisten insulin.
Pengembangan jerawat di tahun-tahun ini biasa, meskipun ini adalah kelompok usia untuk Rosacea yang mungkin memiliki penampilan serupa. Jerawat benar pada wanita dewasa mungkin fitur kondisi-kondisi seperti kehamilan dan gangguan seperti polikistik Ovarium syndrome atau sindrom Cushing langka. Terkait menopause jerawat terjadi sebagai produksi hormon ovarium anti-jerawat alami estradiol gagal pada menopause. Kurangnya estradiol juga menyebabkan rambut menipis, hot flashes, kulit tipis, keriput, kekeringan vagina, dan predisposes untuk osteopenia dan osteoporosis serta memicu jerawat (dikenal sebagai jerawat climacterica dalam situasi ini).

Diet

Coklat

makanan kepercayaan popular itu coklat, dalam dan dari dirinya sendiri, adalah penyebab jerawat tidak didukung oleh penelitian ilmiah. Seperti yang dibahas di bawah ini, berbagai kjian menunjukkan tidak coklat, tetapi sifat glycemic tinggi tertentu makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sebagai penyebab jerawat. Coklat itu sendiri memiliki indeks glisemik rendah.

Susu

Baru-baru ini, tiga penelitian epidemiologis dari kelompok yang sama ilmuwan menemukan hubungan antara jerawat dan konsumsi susu saringan sebagian, minuman instan sarapan, sorbet, keju, dan krim keju. Para peneliti berhipotesis bahwa Asosiasi dapat disebabkan oleh hormon (seperti beberapa hormon seks dan sapi insulin-like growth factor 1 (IGF-1)) atau bahkan yodium hadir dalam susu sapi.

Karbohidrat

Keyakinan lama dipegang bahwa tidak ada hubungan antara diet tinggi gula dan makanan olahan, dan jerawat, baru-baru ini telah menantang. Keyakinan sebelumnya didasarkan pada studi sebelumnya (beberapa menggunakan cokelat dan Coca-Cola) yang methodologically cacat. Baru-baru ini rendah glycemic load hipotesis postulat yang cepat dicerna karbohidrat makanan (seperti minuman ringan, permen, roti putih) menghasilkan berlebihan di glukosa darah (hiperglikemia) yang merangsang sekresi insulin, yang pada gilirannya memicu peluncuran IGF-1. IGF-1 memiliki efek langsung pada pilosebaceous unit (dan insulin pada konsentrasi tinggi juga dapat mengikat reseptor IGF-1) dan telah ditunjukkan untuk merangsang hyperkeratosis dan hiperplasia epidermal. Peristiwa ini memfasilitasi pembentukan jerawat. Pengambilan gula mungkin juga mempengaruhi aktivitas androgen melalui penurunan hormon seks mengikat globulin konsentrasi.
Dalam mendukung hipotesis ini, a randomized controlled trial dari diet rendah glycemic load ditingkatkan jerawat dan mengurangi berat badan, androgen aktivitas dan tingkat insulin-like growth factor mengikat protein-1. Tingkat tinggi IGF-1 dan resistensi insulin ringan (yang menyebabkan tingkat yang lebih tinggi insulin) sebelumnya telah diamati pada pesakit dengan jerawat. Tingkat tinggi insulin dan jerawat adalah juga kedua fitur polycystic ovarian syndrome.
Menurut hipotesis ini, tidak adanya jerawat dalam beberapa non-Westernized masyarakat bisa dijelaskan oleh indeks glisemik rendah diet budaya ini. Dimungkinkan bahwa alasan genetik memperhitungkan ada tidak jerawat dalam populasi ini, meskipun populasi yang sama (seperti Amerika Selatan India atau penduduk Pasifik) mengembangkan jerawat. Perhatikan juga bahwa populasi mempelajari dikonsumsi tidak ada susu atau produk susu lainnya.
Menghindari "junk food" dengan tinggi lemak dan gula juga disarankan.

Vitamin a dan e

Penelitian telah menunjukkan bahwa baru didiagnosis jerawat pesakit cenderung memiliki tingkat yang lebih rendah dari vitamin a beredar di aliran darah mereka daripada mereka yang jerawat gratis. Selain orang-orang dengan jerawat parah juga cenderung memiliki tingkat darah yang lebih rendah dari vitamin E.

Kebersihan

Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran. Kesalah pahaman ini mungkin berasal dari kenyataan bahwa komedo terlihat seperti kotoran terjebak dalam bukaan pori-pori. Warna hitam bukanlah tanah tetapi hanya oxidised keratin. Pada kenyataannya, penyumbatan dari keratin yang menyebabkan jerawat terjadi jauh di dalam folikel sempit saluran, di mana ianya mustahil untuk menghapuskan mereka. Colokan ini dibentuk oleh kegagalan dari sel-sel yang lapisan saluran untuk memisahkan dan mengalir ke permukaan di sebum yang dibuat di sana oleh tubuh. Minyak built-up kulit dapat menyekat  pori-pori ini.


   so dpt x ilmu? yg paling diriku suka, COKLAT bukan punca jerawat. maka balik ni boleh la bedal coklat smpai pengsan. hahahha!

   lasly, layan la wjh2 jerawat ibu dulu2. :P 

haushhh~ jerawat mmg suka tempat strategik. #_#

pon jugak!




   sunggoh menjengkelkan ok. Down sgt. spe yg x suka santek2 kn?
alhamdulillah perubahan + bila gne Vco & colagen. Jerawat dh x kua banyak2, parut dah samar & skin dh nmpk glowing + fresh. 

pelaburan yg berbaloi. ^_^

   lame dh ibu cri solutiOn nye. menyampah tgok muka yg kusan dgn jerawat tertempek + bekas2 yg hitam. :(

   rsenya, dh setahun ibu consume both product & terus la maintain sbb ibu puas ati.. harga pon x la mencekik darah. masih mampu milik. hahahaa!

   kdg2 rse mcm mimpi. ble skin dah sihat. fair & radiance gitu. Pic paling la bru seminggu sblm pose aritu. 

otw mencari sesuap nasi. :))



   jmpe lg u olsss ye. ^______^

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

© Cerita Tentang Kita | Template Designed By Blog Bingkisan Hati